√6+ Cara Menghilangkan Bau Pada Septic Tank [ Terbukti Ampuh ]

WC anda berbau busuk dan tidak pede ketika ada tamu, tentunya menjadi sebuah aib tersendiri dan malu pastinya. Berulang kali dibersihkan namun tetap saja berbau tidak enak, kira-kira apa yang menjadi penyebab dan cara menghilangkan bau septic tank seperti apa ya? Bau pada kloset diakibatkan karena bakteri pengurai feses yang tidak maksimal dalam bekerja, atau pemasangan kloset yang kurang tepat. Sehingga, ketika volume feses manusia melebihi kapasitas maka akan menguap keluar lubang kloset.

Feses manusia normalnya akan terurai selama 7 hari dan berubah menjadi cair, apabila dalam waktu tersebut feses tidak berubah bentuk maka anda harus bekerja ekstra untuk menguraikannya secara manual. Menguraikannya dengan memanggil jasa sedot wc terdekat. Sebelum hal itu terjadi, tanda-tanda bau yang menyengat bisa diatasi dengan beberapa hal.

Inilah Beberapa Langkah yang Bisa dilakukan :

1. Keringkan WC Setelah Dipakai

Kamar mandi adalah tempat yang selalu basah dan lembab maka banyak kuman akan betah di sana. Namun, anda sebaiknya selalu menjaga dengan mengeringkan WC setelah dipakai dengan tisu atau handuk kering. Hal ini akan mengurangi bau bekas hajat anda dan bukalah pintu kamar mandi sementara waktu setelah dipakai.

2. Menaruh Pewangi Ruangan

Ada banyak sekali pewangi ruangan yang dijual dan praktis sekali untuk mengusir bau wc. Ada yang berbentuk semprot otomatis, gel, padat dan dupa. Pewangi tersebut dapat menetralisir bau kotoran yang ada di dalam dan juga anda tak perlu risih jika memang kebutuhan di kamar mandi untuk waktu yang lama.

3. Membuat Ventilasi

Opsi yang terpenting cara menghilangkan bau septic tank adalah membuat lubang atau jendela yang agak tinggi dengan lubang kloset. Hal ini sangat bermanfaat agar sirkulasi sehat terjadi di dalam kamar mandi, dan sinar matahari juga akan mengurangi penguapan dari bau tak sedap. Jendela ventilasi bisa anda modifikasi dengan pola polka dots atau kotak kecil agar tidak terlihat menonjol dari luar.

4. Membuat Penampungan Septik Tank Lebih Dalam

Feses manusia yang masuk ke dalam kloset tentunya harus memiliki bak yang cukup besar apalagi jumlah orang yang buang air sangat banyak. Anda bisa membuat bak dengan kedalaman 20 meter dan dengan kondisi agak jauh dari area dapur. Semakin dalam bak penampungan maka akan semakin baik proses penguraiannya.

5. Membuat Saluran Kotoran dengan Lancar

Dalam pembuatan kamar mandi, tentunya anda akan memperkirakan pembuangan kotoran melalui paralon atau pipa besi. Saluran yang demikian jangan dipasang dengan diameter yang kecil dan mudah berlumut, untuk saluran harus memakai bahan yang awet dan tidak lapuk terkikis air berkadar asam. Kotoran manusia cenderung memiliki Ph asam sekali maka dalam membersihkan jangan terlalu pembersih yang bersifat asam pekat.

6. Sering Membersihkan WC

Membersihkan kamar mandi tak hanya menguras bak saja, namun menyikat lantai, menyikat kloset hingga menggosok bagian yang paling rumit sekalipun akan mengurangi bau tak sedap. Memang memerlukan waktu ekstra ketika anda sudah masuk ke kamar mandi dan mungkin jika anda seorang yang sibuk bekerja bisa jadi tidak ada waktu untuk memperhatikan kondisi wc anda. Solusinya anda bisa memanggil jasa sedot wc dengan memberikan arahan untuk membersihkan kamar mandi tanpa menyedot kotorannya.

Enam langkah di atas bisa anda pakai bagaimana cara menghilangkan bau septic tank yang mengganggu rumah cantik anda dengan mudah dan tak perlu modal banyak.

Artikel Terkait :

Jasa Sedot WC Surabaya

Tips Mengatasi Septic Tank Penuh

Membuat Septic Tank Tanpa Resapan

Leave a Reply