Ternyata Ini Penyebab Septic Tank Penuh Air yang Harus Anda Ketahui !!

Septic tank merupakan sebuah sarana yang paling penting dalam pembuatan tempat tinggal seperti rumah dan lain sebagainya. Pasalnya septic tank merupakan tempat menampung kotoran manusia hasil buang air besar. Septic tank di rumah Anda cepat penuh air?

Ini Penyebab Septic Tank Penuh Air :

1. Posisi Tidak Tepat

Pembangunan septic tank seharusnya mempertimbangkan berbagai hal seperti posisi. Septic tank yang ideal dibuat pada lokasi di mana air tanah berada di kedalaman yang jauh. Hal ini dikarenakan semakin tinggi permukaan air tanah maka semakin lambat proses penguraian oleh bakteri. Jika air tanah terlalu tinggi juga dapat menyebabkan penyumbatan terlebih musim penghujan.

2. Saluran Air Kurang Baik

Ketika septic tank Anda penuh dalam jangka waktu yang sebentar saja, segera cek saluran air. Kemungkinan penyebab septic tank penuh air adalah dikarenakan saluran air yang kurang sempurna. Septic tank seyogyanya memang harus dilengkapi dengan saluran air yang baik sehingga tidak terjadi penyumbatan. Kondisi yang sering terjadi ketika air tanah lebih tinggi adalah penyumbatan di mana limbah septic tank susah disalurkan. Hal yang demikian dapat terjadi lebih parah lagi ketika musim hujan tiba. Kemampuan tanah dalam menyerap limbah saat musim penghujan akan berkurang, karena tanah telah dipenuhi air.

3. Tak Ada Bakteri Pengurai

Kotoran yang tertampung di dalam septic tank biasanya diuraikan oleh mikroorganisme. Bakteri pengurai tersebut merupakan unsur terpenting dari suatu septic tank karena tanpa bakteri pengurai maka kotoran yang tertampung tidak akan berubah wujud. Anda bisa bayangkan jika kotoran tidak berubah wujud tanpa peran bakteri pengurai, kotoran terus menumpuk dengan wujud seperti saat pertama dikeluarkan.

Hilangnya bakteri pengurai pada septic tank disebabkan oleh pemakaian bahan-bahan kimia ketika membersihkan kloset. Kebersihan kloset memang menjadi hal yang paling utama dari sebuah toilet, namun penggunaan bahan kimia tersebut sangat berbahaya bagi bakteri pengurai sehingga berakibat pada matinya bakteri-bakteri tersebut.

Jika bakteri sudah terlanjur menghilang, Anda dapat menaburkan produk yang berfungsi sebagai penghidup bakteri pengurai. Produk tersebut telah banyak beredar di pasaran, dengan begitu septic tank tidak akan cepat penuh lagi sehingga Anda tidak perlu khawatir.

4. Limbah Manusia

Septic tank sering disalahgunakan fungsinya untuk membuang sampah. Sejatinya septic tank merupakan tempat penampungan dan pengolahan limbah kotoran, bukan tempat pembuangan sampah. Membuang sampah dalam bentuk apapun berdampak terhadap penyebab septic tank penuh air karena sampah tidak akan mengalami penguraian yang lebih lanjut.

5. Pemakaian yang Tidak Sesuai Ukuran Penampung

Tahukah Anda jika septic tank tidak dibangun dengan ukuran sama. Ukuran septic tank berbeda-beda sesuai dengan permintaan pemilik bangunan. Ukuran tersebut tentunya disetarakan dengan jumlah penggunanya. Jika bangunan merupakan kos-kosan yang banyak penghuni tentu septic tank dibuat dalam ukuran jumbo, jika hanya rumah untuk keluarga kecil tentu septic tank dengan ukuran kecil. Intinya sesuai dengan pemakaian. Penyebab septic tank penuh bisa jadi dikarenakan pembuangan yang tidak sesuai dengan kuota penampungan. Sebelum membangun septic tank sebaiknya hitung terlebih dahulu dimensi yang ideal agar tidak cepat penuh dalam jangka waktu singkat.

Itulah beberapa penyebab septic tank penuh air. Semoga setelah mengetahui penyebab di atas Anda dapat menjadikan panduan sebelum membangun septic tank. Pada dasarnya septic tank yang bagus itu didukung dengan pembuatan dan penempatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Jasa Sedot WC Surabaya

Cara Menghilangkan Bau Pada Septic Tank

Tips Mengatasi Septic Tank Penuh Tanpa

Leave a Reply