Ternyata Inilah Tanda Jika Septic Tank Rumah Anda Sudah Penuh !!

Pada kali ini kita akan membahas mengenai tanda septic tank penuh dan cara membedakannya dengan septic tank yang tersumbat. Masalah pada WC atau kloset memang menjadi hal yang menjengkelkan, apalagi jika terjadi pada saat urgent dan mau segera perlu dipergunakan pada saat itu juga. Kemungkinan Anda selama ini baru melakukan

sedot WC hanya apabila sudah terjadi masalah penyumbatan saja, nah jangan sampai menunggu timbulnya masalah baru bertindak, lakukanlah pemeliharaan secara rutin, supaya tidak harus menunggu lama mengatasi masalah tersebut setelah timbul permasalahannya. Berikut ini tanda jika septic tank WC sudah penuh dan lain sebagainya.

Septic Tank itu Apa ?

Sebelum membahas tentang tanda septic tank penuh dan cara membedakannya dengan septic tank yang tersumbat, terlebih dulu perlu kita ketahui tentang definisi dari septic tank itu. Septic Tank ialah suatu tempat untuk penampungan kotoran atau limbah yang berasal dari WC atau kloset kamar mandi. Septic tank juga adalah sebagai wadah resapan supaya kotoran dapat masuk ke tanah dan mencegah supaya bau yang tidak sehat dan tak sedap dari kotoran tidak muncul ke permukaan dan mengganggu untuk selama jangka waktu tertentu.

Septic tank merupakan bagian dari kelengkapan rumah yang cukup vital, dan biasanya letaknya ada di sekitar rumah, dapat terletak pada bagian belakang rumah maupun terletak di bagian depan rumah, seperti misalnya di bawah garasi, ataupun seperti di bawah tumpukan tanah di taman depan rumah, tersebunyikan dengan rerumputan hijau penghias halaman dan lain sebagainya. Satu rumah belumlah lengkap serta nyaman untuk dapat ditinggali apabila belum terdapat septic tanknya.

Ciri atau Tanda Septic Tank Penuh

Jika Anda mendapati bahwa kloset Anda menjadi sangat berbau dan menjadi sulit dibersihkan, dan bahkan tiap kali habis selesai dipergunakan langsung tercium bau yang sangat tidak sedap menyengat di sekitar area WC tersebut maka itulah salah satu tanda bahwa septic tank Anda sudah penuh apalagi jika kloset sudah menjadi sulit dibersihkan, dan membutuhkan banyak sekali air hanya sekedar untuk dapat menyiram kotorannya ke dalam lubang kloset hingga bersih, atau bahkan jika sudah tidak dapat disiram lagi maka ini sudah benar-benar parah kondisinya sehingga perlu segera memanggil tukang sedot WC secepatnya.

Bedanya Antara Ciri atau Tanda Septic Tank Penuh dengan Tanda Septic Tank yang Tersumbat

Adapun cara membedakan antara tanda septic tank penuh dengan septic tank yang mengalami penyumbatan adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut. Jika genangan air kloset pada saat disiram berkurangnya secara perlahan-lahan maka ini pertanda bahwa septic tank tersebut memang telah benar-benar penuh, tapi jika genangan airnya yang disiramkan sama sekali tidak berkurang atau sangat lambat berkurangnya, sulit masuk, maka ini tanda terjadinya penyumbatan pada pipa septic tanknya. Nah jika aroma tidak sedap menyengat keluar dari lubang kloset dengan disertai keluarnya limbah ke atas permukaan lubang kloset, maka ini merupakan tanda bahwa septic tank tidak hanya mengalami masalah penyumbatan namun septic tank juga sudah penuh sehingga perlu dilakukan penyedotan.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai tanda septic tank penuh Dan Cara Membedakannya Dengan Septic Tank Tersumbat. Nah lakukanlah penyedotan septic tank secara rutin sebelum timbul masalah, mencegah timbulnya masalah itu selalu lebih baik bukan, daripada terlambat dan masalah yang timbul dapat menjadi lebih besar dan lebih parah. Jika timbul masalah segeralah menghubungi ahlinya dan akan lebih baik lagi jika Anda sudah mengkonsultasikannya dengan ahlinya sebelum timbulnya masalah, guna pencegahan dan pemeliharaan.

Artikel Terkait :

Jasa Sedot WC Surabaya

Penyebab Septic Tank Bau

Septic Tank Tanpa Lubang Udara

 

Leave a Reply